This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 23 September 2011

Tips Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa

 
Tanpa disadari, kemampuan atau keterampilan pada siswa cenderung berhenti pada satu titik. Hal ini kurang mendapat perhatian dari para guru, dan dapat menyebabkan tersendatnya kreatifitas anak untuk mengembangkan pemikirannya dalam hal belajar. Berikut beberapa hal yang dapat dicermati oleh para pengajar atau guru, guna meningkatkan kererampilan belajar pada anak didiknya. 
 
Manajemen Waktu
Ini adalah sering salah satu masalah yang lebih sulit bagi siswa untuk mengatasi. Antara waktu yang dihabiskan di kelas, setelah kegiatan sekolah dan waktu keluarga, ada sangat sedikit yang tersisa untuk hal lain. Bantu mereka untuk mengatur waktu agar tugas utamanya sebagai pelajar tidak terbengkalai.

Buatlah Perencanaan
Mereka sering merasa seolah-olah memiliki kemampuan untuk menghasilkan pikiran yang jernih dan ringkas bila di atas kertas dan hal ini disebabkan kurangnya pemikiran. Merencanakan sesuatu sebelum duduk untuk menulis bisa menjadi langkah besar menuju perbaikan.

Trik Memori
Mnemonik adalah teknik menghapal yang sangat tua, tapi masih dapat digunakan. Tehnik ini jauh lebih efektif daripada menghafal lebih ketat.

Mindmapping
Ini adalah bentuk visual dari belajar yang mendorong siswa untuk menarik pikiran dan ide-ide di atas kertas sehingga mereka dapat ditinjau secara visual daripada secara verbal.

Membuat Catatan
Seorang siswa terbiasa berada dalam dua kategori ketika datang untuk mencatat, yaitu mereka yang menuliskan segala sesuatu berdasarkan kata demi kata, dan mereka yang menulis hampir tidak ada bawah. Pola seperti itu harus di ubah. Bentuk mereka agar menulis apa yang ada dalam pikiran mereka dengan penjabaran dan bahasa yang sesuai dengan penjelasan yang mereka dapatkan.

Kalender MotoGP 2012 dirilis


Berikut kalender sementara MotoGP 2012 :

15 April Qatar* Losail
29 April Spain (STC) Jerez
6 May Portugal (STC) Estoril
20 May France Le Mans
3 June Catalunya Catalunya
17 June Great Britain Silverstone
30 June Netherlands** Assen
8 July Germany (STC) TBC
15 July Italy Mugello
29 July United States*** Laguna Seca
19 August Indianapolis Indianapolis
26 August Czech Republic Brno
16 September San Marino Misano
30 September Aragon Motorland
14 October Japan Motegi
21 October Malaysia Sepang
28 October Australia Phillip Island
11 November Valencia Ricardo Tormo

* Balapan Malam
** Balapan di hari Sabtu
*** Hanya Kelas MotoGP
STC (Subject to the contract)
TBC (To be confirmed)

Minggu, 18 September 2011

Guru Profesional & Efektif



Pada era otonomi pendidikan, pemerintah daerah memiliki kewenangan yang amat besar bagi penentuan kualitas guru yang diperlukan di daerahnya masing-masing. Oleh karena itu di masa yang akan datang, daerah benar-benar harus memiliki pola rekrutmen dan pola pembinaan karier guru agar tercipta profesionalisme pendidikan di daerah.

Guru yang profesional perlu melakukan pembelajaran di kelas secara efektif. Kemudian, bagaimana ciri-ciri guru yang efektif ? Menurut Gary A. Davis dan Margaret A. Thomas, paling tidak ada empat kelompok besar ciri-ciri guru yang efektif. Keempat kelompok itu terdiri dari: 

Pertama, memiliki kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas, yang kemudian dapat dirinci lagi menjadi (1) memiliki keterampilan interperso-nal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa, dan ketulusan; (2) memiliki hubungan baik dengan siswa; (3) mampu menerima, mengakui, dan memperhatikan siswa secara tulus; (4) menunjukkan minat dan antusias yang tinggi dalam mengajar; (5) mampu menciptakan atmosfir untuk tumbuhnya kerja sama dan kohesivitas dalam dan antar kelompok siswa; (6) mampu melibatkan siswa dalam meng-organisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran; (7) mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi; (8) mampu meminimal-kan friksi-friksi di kelas jika ada.

Kedua, kemampuan yang terkait dengan strategi manajemen pembelajaran, yang meliputi: (1) memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu memberikan transisi substansi bahan ajar dalam proses pembelajaran; (2) mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa.

Ketiga, memiliki kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik (feedback) dan penguatan (reinforcement), yang terdiri dari: (1) mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa; (2) mampu memberikan respon yang bersifat membantu terhadap siswa yang lamban belajar; (3) mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang kurang memuaskan; (4) Mampu memberikan bantuan profesional kepada siswa jika diperlukan.

Keempat, memiliki kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri, terdiri dari: (1) mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif; (2) mampu mem-perluas dan menambah pengetahuan mengenai metode-metode pengajaran; (3) mampu memanfaatkan perencanaan guru secara kelompok untuk menciptakan dan mengembang-kan metode pengajaran yang relevan.

(Sumber : http://www.lpmpdki.web.id)

STONER MENANG DI ARAGON


Pada balapan seri ke-14 di sirkuit Aragon, Minggu (18/9/2011) malam WIB, Stoner yang start dari posisi terdepan tanpa kesulitan mempertahankannya hingga akhir lomba, meskipun di awal-awal sempat disalip Ben Spies. Dengan kemenangan ini Stoner kian kokoh di puncak klasemen dengan 284 poin, selisih 44 poin dengan Jorge Lorenzo di posisi kedua. Pesaingnya itu cuma finis di podium ketiga pada balapan tadi.

Apa yang dicapai Stoner di balapan akhir pekan ini tentu membuatnya bahagia. Sebab pada balapan terakhir di Misano, ia harus kalah dari Lorenzo dan Dani Pedrosa. "Segalanya berjalan dengan sangat baik dari awal. Motor sangat fantastis hari ini," girang Stoner di Autosport.

"Kami melakukan sedikit perubahan pada sesi sore tadi dan kondisi lintasan sedikit berbeda. Kami berusaha menemukan setelan yang pas untuk itu, namun hari ini cuaca sedikit lebih dingin. Angin lebih kuat dan kami merubah tampilan pada motor saya agar mampu mendapatkan angin. Hanya beberapa perubahan," sambungnya. "Secara keseluruhan motor sangat menguntungkan kami. Start saya tidak baik namun kami kami tetap bisa berusaha mempertahankan cara kerja kami dan kami punya balapan yang fantastis," tukasnya.

"Saya harus banyak mengucapkan terimakasih kepada tim. Mereka sangat fantastis sepanjang musim ini. Setiap saya turun membalap, kami selalu yang tercepat. Ada beberapa balapan di mana kami cukup kesulitan dan saya sangat sangat senang dengan kemenangan hari ini," tuntasnya.

Kamis, 15 September 2011

SMK NEGERI 1 PLUPUH SRAGEN MASUK NOMINATOR LOMBA WEB & BLOG SEKOLAH TINGKAT PROVINSI JATENG

Gb. Foto Nominator Lomba Web dan Blog Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Panitia Penyelenggaran BPTIKP-Jateng.

Gb. Dari Kiri ke Kanan Peserta Perwakilan dari (Lukman-Purwokerto, Toha-Kendal, Karno-Wonogiri, Mudo-Sragen, Ogit-Purbalingga)

Gb. Suasana Lomba Tahap II Presentasi & Wawancara (Mudo,S.Kom–SMKN 1 Plupuh Sragen