Jumat, 23 September 2011

Tips Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa

 
Tanpa disadari, kemampuan atau keterampilan pada siswa cenderung berhenti pada satu titik. Hal ini kurang mendapat perhatian dari para guru, dan dapat menyebabkan tersendatnya kreatifitas anak untuk mengembangkan pemikirannya dalam hal belajar. Berikut beberapa hal yang dapat dicermati oleh para pengajar atau guru, guna meningkatkan kererampilan belajar pada anak didiknya. 
 
Manajemen Waktu
Ini adalah sering salah satu masalah yang lebih sulit bagi siswa untuk mengatasi. Antara waktu yang dihabiskan di kelas, setelah kegiatan sekolah dan waktu keluarga, ada sangat sedikit yang tersisa untuk hal lain. Bantu mereka untuk mengatur waktu agar tugas utamanya sebagai pelajar tidak terbengkalai.

Buatlah Perencanaan
Mereka sering merasa seolah-olah memiliki kemampuan untuk menghasilkan pikiran yang jernih dan ringkas bila di atas kertas dan hal ini disebabkan kurangnya pemikiran. Merencanakan sesuatu sebelum duduk untuk menulis bisa menjadi langkah besar menuju perbaikan.

Trik Memori
Mnemonik adalah teknik menghapal yang sangat tua, tapi masih dapat digunakan. Tehnik ini jauh lebih efektif daripada menghafal lebih ketat.

Mindmapping
Ini adalah bentuk visual dari belajar yang mendorong siswa untuk menarik pikiran dan ide-ide di atas kertas sehingga mereka dapat ditinjau secara visual daripada secara verbal.

Membuat Catatan
Seorang siswa terbiasa berada dalam dua kategori ketika datang untuk mencatat, yaitu mereka yang menuliskan segala sesuatu berdasarkan kata demi kata, dan mereka yang menulis hampir tidak ada bawah. Pola seperti itu harus di ubah. Bentuk mereka agar menulis apa yang ada dalam pikiran mereka dengan penjabaran dan bahasa yang sesuai dengan penjelasan yang mereka dapatkan.

0 komentar: